Place 728 x 90 Ad Here

Selasa, 07 Juni 2011

CARA CEPAT SETTING KALIPER 4 Piston Variasi


CARA CEPAT SETTING KALIPER 4 PISTON

 GalankNews.Banyak yang mengeluh kala menyeting kaliper disc brake (cakram) ; kaliper ogah menjepit kuat piringan cakram meski master sudah dikocok berulang kali dan minyak rem sudah keluar dari jalur pernafasan kaliper. Butuh waktu lama dan bikin kesel apalagi waktu memasang kaliper 4 piston.
Kenapa problem itu bisa terjadi ? Ternyata karena rongga minyak rem dalam kaliper lebih banyak serta perlu aliran minyak yang sempurna untuk keempat piston. Penyebab utamanya adalah masih adanya angin yang ngendon di dalam kaliper sehingga minyak rem tidak berfungsi maksimal mendorong piston kaliper.

Nih ada cara cepat mensetting kaliper hanya bermodal selang transparan kecil seukuran baut penutup saluran pernapasan kaliper :
1. Posisikan jalur pernafasan kaliper pada posisi paling atas agar udara lebih cepat keluar seperti sifat gelembung air. Berguna juga agar tidak ada lagi udara yang tersisa di dalam kaliper (gbr-1).

2. Penuhi minyak rem pada tabung master dan biarkan tetap membuka agar sirkulasi minyak lebih mudah turun ke kaliper (gbr-2)


3. Kendorkan baut pernapasan kaliper dan pasangkan selang pada baut tersebut lalu sedot sampai minyak rem keluar tanpa keluar ada gelembung udara. Dengan menggunakan selang transparan akan lebih mudah memantau gelembung air sudah keluar dari dalam kaliper (gbr-3).

Dengan cara ini minyak rem akan lebih cepat mengisi celah piston kaliper serta mempercepat keluarnya udara dalam kaliper yang menyebabkan rem kurang pakem. Yang harus diperhatikan tabung minyak rem pada master cakram jangan sampai kehabisan minyak karena akan menyebabkan angin menerobos ke jalur kaliper lagi. Met mencoba.. | Ototrend.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates