Place 728 x 90 Ad Here

Selasa, 07 Juni 2011

BIKIN BRAKET DARI BERBAHAN PLAT BESI

BIKIN BRAKET KALIPER RADIAL MOUNT DARI BAHAN PLAT BESI
BERBAHAN PLAT BESI
GalankNews.Tampilan keren kaliper type Radial Mount yang jamak dilihat pada besutan GP memang cakep banget untuk diaplikasi pada besutan modif. Posisi baut pemegang kaliper berada di posisi atas kaliper yang membikin tampilan makin ringkas.
Kebanyakan modifmania membikin braketnya dari bahan plat almu dengan bantuan proses bubut. Memang keren bin rapi hasil yang didapat namun tentu saja perlu biaya yang cukup mahal untuk membikinnya.

Bagi otremania yang kreatif, item ini bisa juga dibikin dengan biaya lebih pahe manfaatin bahan plat besi yang biasa digunakan untuk braket kaliper konvensional.

Nih Simon Matic Modified dari Kebonsari Tengah Gg.1 Surabaya berbagi ilmu cara membikinnya. Yang pertama buat dulu bentuk braket kaliper beserta posisi baut pemegang kaliper. Baru setelah itu potong plat besi ukuran 8mm sesuai ukuran desain braket dengan bantuan blender las ataupun gerinda ( Gambar 1).

Untuk lubang baut tumpuan braket pada schok atau swing arm cukup dengan melubangi plat sebagai lubang baut ( Gambar 2 ) namun untuk baut pemegang kaliper perlu sedikit teknik.
Nih kuncinya, caranya sebagai rumah baut kaliper dibentuk dari ujung plat besi yang sudah ditekuk 90ยบ. Bagian tersebut lalu diberi lubang dan disenai seukuran baut. Intinya plat berbentuk siku tadi berfungsi sebagai rumah baut pemegang kaliper Radial Mount (Gambar 3).
Usahakan tiap baut yang digunakan menggunakan baut type kembang ataupun type L agar lebih praktis dari segi pemasangan dan mendukung tampilan serta lebih aman dari sang tangan jahil. Cukup simple namun mampu menghemat biaya modif. | adt

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates