Place 728 x 90 Ad Here

Sabtu, 21 Mei 2011

Apa itu Zen-Cart?

Didesain untuk Merchan Online
Zen-Cart diprogram untuk para pengusaha online dalam memudahkan mereka membuka merchan untuk display produk dan komoditi mereka supaya mudah mempromosikan dan memperkenalkan produk mereka kepada calon pelanggannya. Meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman website sama sekali.
Sesuai slogannya, Zen-Cart benar-benar sebuah karya seni dalam menjalankan bisnis online (The Art of Ecommerce). Didesain sebagai sebuah aplikasi ecommerce yang gratis, user friendly, dan sistem belanja online open source. Sistem ini tetap dan masih mengalami pengembangan oleh sekelompok “pecandu” bisnis online, programmer, desainer, dan para konsultan yang berpikir bahwa bisnis online (ecommerce) perlu dilakukan dengan caranya sendiri. Sebagian solusi yang ditawarkan lebih terkesan sebagai komplikasi latihan pemrograman dari pada sebagai jawaban akan kebutuhan para customer dan pengusaha online (e-preneurs). Sementara Zen-Cart menempatkan kebutuhan merchan dan para pembelanja online sebagai dasar pertimbangan utama pembuatan aplikasi ini. Demikian pula dalam proses instalasi, aplikasi toko online lain hampir mustahil bisa diinstall tanpa memiliki skill pemrograman yang memadai. Sedangkan Zen-Cart sangat mudah diinstall meski oleh orang yang tidak memiliki skill pemrograman website sekali pun.
Didesain untuk Para Pembelanja Online
Zen-Cart akan memberikan sebuah pengalaman belanja online yang sangat mengesankan bagi para pelanggan Anda. Menggiring mereka untuk melihat dan meneliti produk-produk yang Anda tampilkan, menyediakan beberapa daftar yang mungkin akan sangat menarik buat mereka lewat program promosi dan penawaran khusus.
Setelah produk yang diinginkan telah dimasukkan ke tas belanja, para pembelanja akan melakukan tiga tahapan proses pembayaran (checkout) yang mudah dan aman.
Tahap pertama, alamat pengiriman dan penagihan ditampilkan sesuai data yang dimasukkan saat pelanggan melakukan registrasi (sign up). Pada tahapan pertama ini, mereka diminta menentukan pola pengiriman. Di sini mereka bebas memilih pola pengiriman seperti untuk order mereka. Pada tahapan ini juga mereka bisa mengetahui biaya pengirimannya. Aplikasi Zen-Cart juga memiliki bawaan (built-in) fasilitas muliple shipping methods, serta fasilitas penghitung tarif pengiriman online secara realtime, seperti UPS, USPS. Merchan juga bisa menyediakan tarif pengiriman flat, fasilitas pembayaran COD. Bisa juga ditambahkan opsi pengiriman lain yang bisa diatur sendiri oleh para pemilik merchan.
Tahap kedua, mereka diminta menentukan pola pembayaran apa yang mereka inginkan.  Ada dua jenis pola pembayaran online populer yang sudah built-in dalam aplikasi Zen-Cart, yaitu AuthorizeNet dan Paypal. Sehingga pembelanja bebas memilih alternatif pola pembayaran yang tersedia sesuai keinginannya. Merchan juga bisa menambahkan opsi pembayaran yang lain, seperti: money order (bisa dimodifikasi menjadi pembayaran dengan cek atau wesel pos), sampai pembayaran lewat transver bank offline dan online. Zen-Cart juga termasuk salah satu aplikasi ecommerce yang telah mendapatkan sertifikasi dari PayPal. Artinya, para pemilik merchan yang menggunakan aplikasi PayPal bisa menerima pembayaran lewat PayPal.
Tahap ketiga, alamat pengiriman, pola pengiriman, dan pola pembayaran kembali diuraikan dan pembelanja diminta untuk mereview ordernya. Sebelum menekan tombol konfirmasi, pembelanja bisa mengubah data-data tersebut. Pelanggan juga bisa meninggalkan pesan khusus kepada pengelola merchan yang bisa dituliskan pada form belanjaan mereka.
Setelah pelanggan mengonfirmasi ordernya, invoice order pun akan segera dikirim ke email pembelanja dan ke email pemilik merchan. Banyak hal yang kita butuhkan bisa dipenuhi oleh aplikasi Zen Cart.
  • Proses penyiapan dan instalasi program yang sangat mudah.
  • Penyesuaian dan modifikasi yang sangat mudah
  • Beberapa fungsi yang bisa diotomatisasi. Seperti tugas tertentu dan konfirmasi order.
  • Proses navigasi pelanggan yang sederhana
  • Aplikasi promosi dan program pemasaran yang sudah built-in. Seperti kupon diskon, voucer belanja, newsletters, dan program notifikasi produk yang membantu para pembelanja untuk selalu up-to-date mengenai produk yang mereka gandrungi.
  • Pembuatan program diskon per-produk, diskon umum keseluruhan produk, diskon per kelompok produk, serta penentuan diskon berdasarkan kuantitas belanja.
  • Yang tidak kalah handal adalah, peralatan SEO (Search Engine Optimization), kontrol meta tag per produk, akan membuat produk-produk Anda mudah diserap oleh mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, MSN, serta mesin pencari (search engine) lainnya.
  • Alat pelindung password administrator dan sistim pengamanan folder administrator yang handal dan mudah.
  • Sangat mendukung untuk website multi-bahasa, multi-mata uang, dan struktur pajak.
Ringkasnya, Zen-Cart akan memberikan pengalaman belanja online yang mengesankan bagi para pelanggan Anda.
Didesain untuk Para Desainer Web
Zen Cart memberikan kesempatan bagi para web desainer untuk membuat toko online yang mudah dan selalu up-to-date dengan fitur-fitur barunya. Menyediakan layanan yang ramah yang bisa digunakan pada setiap level industri dan usaha dengan praktek pengayaan yang terintegrasi.
Salah satu kunci rahasia di balik kekuatan Zen-Cart sebagai shopping cart adalah, kekuatan dan kemudahan kodifikasi pembuatan template yang “abstrak” dalam hal tampilan. Hal ini memberi keleluasan bagi klien Anda untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang cepat dan sempurna pada fitur tampilan situs mereka sesuai kebutuhan.
Untuk Para Pengembang dan Penyedia Layanan Hosting
Para pengembang bisa melakukan solusi cutting edge berdasarkan standar teknologi modern pada Zen-Cart. Kombinasi teknologi server PHP dengan kemampuan memilih dari beragam jenis database dan back-end, menghasilkan perangkat lunak yang fleksibel dan dapat disesuaikan serta dimodifikasi sesuai kebutuhan.
Adapun standar minimum server yang dianjurkan untuk bisa menjalan Zen-Cart adalah: PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau di atasnya; PHP 4.3.2 atau di atasnya; Apache 1.3.x dan MySQL 3.23.x atau yang lebih tinggi.
Filosofi Zen-Cart
Idealisme Zen-Cart sederhana saja:
  1. Memelihara tujuan para pemilik toko online untuk selalu diingat setiap saat.
  2. Membuat segala sesuatu menjadi mungkin untuk digunakan dengan cara yang sederhana.
  3. Mendengarkan dan merespons pandangan dan masukan dari para pengguna kami.
  4. Terus memperluas basis data dan pilihan server.
  5. Berusaha untuk menjadi shopping cart yang sempurna.
Kami hanya ingin menyediakan program shopping cart yang cepat dan mudah serta tersedia untuk setiap orang di bawah lisensi GPL. Tim pengembangan Zen-Cart mendorong para anggota komunitas kami dan mengundang siapa saja untuk menjadi bagian dari komunitas kami, untuk memberikan masukan serta berdiskusi tentang berbagai solusi online untuk menjalankan bisnis.
Selanjutnya, tim kami senantiasa berniat membuka komunikasi dengan para user kami tentang apa yang sedang terjadi, tujuan-tujuan kami, rencana release dan launching versi-versi baru, serta untuk memastikan bahwa kami telah menerapkan fitur-fitur penting dan mempromosikan bisnis yang menguntungkan bagi para pemilik toko online.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates